K-Pop dan Generasi Muda Bangsa

Mencermati fenomena budaya K-Pop yang sangat digandrungi generasi muda kita menjadi hal yang sangat menarik untuk kita bicarakan. Mengapa demikian, karena fenomenanya di layar kaca seringkali disuguhkan penampilan-penampilan dari boyband atau girlband pada acara musik tv swasta yang banyak meniru dari Korean Pop seperti SUJU, 4Minute dan lain-lain. Kemudian berlomba-lomba anak-anak muda kita membentuk band serupa yang kemudian disambut hangat oleh remaja atau generasi muda kita seperti munculnya band SNSD, Cherry Belle, dan lain-lain. Melihat fenomena demikian, industri pertelivisian pun menangkap peluang emas dengan membuka audisi untuk boyband atau girlsband.

Boyband dan gilrsband, menurut penulis sejatinya adalah hanya kumpulan anak muda yang cakep dari sisi penampilan baik fisik maupun koreografinya, namun miskin kualitas suara. Memang ketika mereka tampil, mampu memukau penonton, tapi lebih karena kekompakan koreografi dan penampilan fisiknya, karena bagaimana menyanyi dengan terus menjaga ritme gerak, berjingkrak-jingkrak secara terus menerus bersama dalam keserasian dengan kualitas suara yang dihasilkan. Bahkan, terkesan kualitas suara tidak penting, yang penting bisa menyihir penonton dengan penampilan luarnya, toh suara tidak terlihat langsung, dan sangat mungkin dengan lipsing.

Krisis Identitas

Animo generasi muda kita terhadap K-Pop yang luar biasa dengan begitu mengidolakan mereka, tidak lebih dari adanya krisis identitas di kalangan generasi muda kita. Hal ini dpat terjadi ketika internalisasi nilai-nilai budaya bangsa dan juga agama tidak tertanam dengan baik sejak kecil. Karena faktanya, di media banyak disuguhkan perilaku para tokoh yang seringkali tidak dapat diteladani, seperti korupsi, dan perilaku amoral lainnya. Sementara pengaruh mudahnya generasi muda dalam mengakses budaya luar juga menjadi faktor yang mendukung. Tokoh-tokoh pahlawan nasional, atau generasi muda yang banyak berinovasi dan mendedikasikan dirinya untuk kepentingan bangsa ternyata tidak mampu mencuri perhatian generasi muda kita. Sebut saja para pelajar pemenang olimpiade, atau para siswa yang telah menemukan berbagai karya ilmiahnya. Jelas kalah populer dengan industri musik belakangan ini.

Refleksi untuk Semua

Melihat fenomena di atas, penulis cukup prihatin, karena generasi muda kita seolah mudah sekali terpengaruh dengan budaya luar, yang sangat mungkin tidak berkesuaian dengan budaya bangsa kita. Selain terkesan mudah terpengaruh dan meniru, hal lain adalah filterisasi sangat kurang pada diri remaja kita. Hal ini menjadi PR kita bersama, orang tua, masyarakat maupun pihak sekolah. Bagaimana nilai-nilai budaya dan agama ditanamkan sejak dini mengiringi tumbuh kembangnya generasi muda kita. Proses internalisasi nilai budaya dan agama saat ini sudah semakin memudar, terlebih dengan kurangnya perhatian orang tua dan masyarakat terhadap generasi muda kita, yang ada orang tua seringkali melakukan “pembiaran” dan justru terkesan mempercayakan sepenuhnya pada generasi muda untuk mencari jati dirinya. dari pihak sekolah seyogyanya dalam tranformasi ilmu pengetahuan lebih menekankan pada penanaman nilai karakter, seperti kejujuran, kedisiplinan dan prestasi. Sementara masyarakat juga melakukan pengawasan dengan meningkatkan kontrol sosialnya. Apabila semua dapat menyadari dan juga kembali pada pentingnya pembentukan karakarter bangsa yang unggul, niscaya ke depan generasi muda kita akan menjadi penerus estafet kepemimpinan bangsa ini dengan tetap mencintai kebudayaannya dan berpijak pada nilai-nilai luhur bangsa.

Advertisements

About rakhmanh

Saya adalah orang kecil yang hidupnya di ndeso, pengin ikut mewarnai dan berdialektika tentang berbagai hal dunia maya
This entry was posted in Sosial Budaya. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s