Hari Ini Seleksi CPNS untuk Honorer K2, “Selamat Berjuang”

ImageMinggu, 3 Nopember 2013 adalah saat yang ditunggu-tunggu bagi para honorer yang sudah mengabdi pada instansi pemerintah setidaknya sebelum tahun 2005 untuk jadi menjadi CPNS. Karena pada hari ini, secara serentak di seluruh wilayah Indonesia Honorer K2 melaksanakan test CPNS yang memang dikhususkan bagi mereka. Setidaknya jumlah keseluruhan secara nasional Honorer K2 adalah 613.919 dan hanya akan diterima jadi CPNS 30%-nya.

Sebutan honorer K2 merupakan tenaga honorer yang gaji dan pendapatannya tidak dari APBN/APBD. Berbeda dengan honorer K1 yang secara otomatis diangkat menjadi CPNS berdasarkan peraturan Pemerintah (PP) Nomor 56 Tahun 2012 tentang Pengangkatan Tenaga Honorer Menjadi CPNS yang merupakan Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2005 Tentang Pengangkatan Tenaga Honorer Menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil.

Pada tenaga honorer K2 ini, mereka harus mengikuti test dengan persyaratan sesuai PP tersebut yakni:

Pengangkatan tenaga honorer K2 menjadi CPNS
1. Tenaga honorer K2 dapat diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan negara berdasarkan formasi sampai dengan Tahun Anggaran 2014. (Pasal 6, ayat 3)
2. Pengangkatan tenaga honorer K2 dilakukan melalui pemeriksaan kelengkapan administrasi dan lulus seleksi ujian tertulis kompetensi dasar dan kompetensi bidang sesama tenaga honorer. (Pasal 6A, ayat1)
3. Seleksi ujian tertulis kompetensi dasar sesama tenaga honorer K2 dilaksanakan 1 (satu) kali dengan materi Tes Kompetensi Dasar (TKD) berdasarkan kisi-kisi yang ditetapkan oleh Pemerintah. (Pasal 6A, ayat 2)
4. Penentuan kelulusan bagi tenaga honorer K2 yang mengikuti seleksi ujian tertulis kompetensi dasar ditetapkan berdasarkan nilai ambang batas kelulusan (passing grade) yang ditetapkan oleh menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendayagunaan aparatur negara atas pertimbangan menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan dengan memperhatikan pendapat dari konsorsium Perguruan Tinggi Negeri (Pasal 6A, ayat 5)
5. Tenaga honorer yang dinyatakan lulus ujian tertulis kompetensi dasar dilakukan tes kompetensi bidang (profesi) dengan mempertimbangkan dedikasi ditetapkan oleh masing-masing instansi berdasarkan materi ujian dari instansi pembina jabatan fungsional. (Pasal 6A, ayat 7)
6. Tenaga honorer yang dinyatakan lulus ujian sebagaimana dimaksud pada ayat (7) dapat diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil berdasarkan jumlah dan kualifikasi formasi sampai dengan Tahun Anggaran 2014 yang ditetapkan oleh menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendayagunaan aparatur negara dengan tetap memperhatikan kebutuhan organisasi dan redistribusi serta kemampuan keuangan negara atas pendapat dari menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang keuangan. (Pasal 6A, ayat 8)
7. Tenaga honorer yang dinyatakan lulus ujian sebagaimana dimaksud pada ayat (8) tetapi kemudian diketahui tidak memenuhi persyaratan administratif yang ditentukan tidak dapat diangkat atau dibatalkan menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil. (Pasal 6A, ayat 9) (sumber: http://www.bkn.go.id).

Test pada kali ini merupakan kesempatan terakhir bagi Honorer K2 untuk menjadi CPNS karena pemerintah tidak akan mengangkat CPNS lagi dari honorer untuk tahun-tahun mendatang. Dan yang disayangkan apabila mereka tidak lulus test, belum ada ketentuan mau dikemanakan mereka, dikembalikan pada PEMDA masing-masing, dijadikan tenaga kontrak atau dipensiunkan dan diberi uang pesangon.

Kita berharap, mereka yang benar-benar punya kompetensi dan dedikasi tinggilah yang bisa lulus seleksi sehingga bisa menjadi abdi negara dan masyarakat yang benar-benar profesional dan mau melayani. Selamat berjuang, semoga dedikasi dan perjuangan kalian bisa terbayar dengan di antaranya diangkat jadi CPNS.

Advertisements

About rakhmanh

Saya adalah orang kecil yang hidupnya di ndeso, pengin ikut mewarnai dan berdialektika tentang berbagai hal dunia maya
This entry was posted in Pendidikan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s